22 November 2013

BBM Lite untuk Android Gingerbread

loading...
Hari ini tepat sebulan lalu BBM Android resmi dapat digunakan secara masal untuk perangkat smartphone Android dan iOS. Dengan catatan hanya dapat di Install untuk android 4.0 Ice Cream Sandwich atau versi diatasnya ( hingga saat ini versi teratas adalah Android Jelly Bean dan KitKat) sementara untuk Perangkat iOS dapat di install untuk iOS 6 atau versi diatasnya.
Meskipun sudah sebulan lampau tapi hangatnya masih terasa, setidaknya itu yang menggugah saya untuk sedikit menulis catatan kecil ini.

Saat peluncuraan perdananya terdapat banyak sekali masalah BBM for Android [baca : tips trik BBM Android], mulai dari penundaan peluncuran yang mandek hampir sebulan dari jadwal awal ( isue yang beredar saat itu adalah server BBM tidak kuat menahan animo pengguna android untuk mencoba aplikasi chatting ini ) hingga beragam fitur yang tidak bekerja pada versi awal, meskipun secara bertahan Blackberry terus memperbaiki dan memperbarui berbagai fitur yang ada dalam aplikasi andalannya itu. [baca : Update BBM Android terbaru ]

BBM Gingerbread
BBM Gingerbread
BBm Lite version for Gingerbread

Namun Dari sekian banyak masalah yang hadir ada satu hal yang paling membuat banyak pengguna android menyayangkannya, yaitu tidak tersedianya BBM untuk Android Gingerbread ( dan OS dengan perangkat dibawah ICS ). Melihat resource yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi BBM di android hal ini memang bisa dipahami. Seperti yang kita ketahui Aplikasi BBM memang membutuhkan ruang yang cukup untuk menjalankan layanannya sementara kebanyakan dari Perangkat android yang mengintall OS gingerbread merupakan smartphone dengan spesifikasi rendah dan bisa dipastikan tidak akan bisa menjalankan aplikasi ini dengan sempurna.

BBM Android versi Porting

Kabar gembiranya adalah beberapa penggiat android membuat Aplikasi BBM Gingerbread yang diporting dari BBM versi Asli, namun sayangnya aplikasi tersebut tetap tidak dapat dijalankan untuk semua pengguna android gingerbread ada ketentuan yaitu minimun perangkan tersebut menggunakan Prosessor dengan Arsitektur ARMv7, dan kalaupun bisa dijalankan akan mendapatkan banyak masalah hingga terasa tak maksimal. [anda penasaran, selengkapnya Baca: BBM Android Gingerbread].

BBM Lite atau BBM Mini untuk Android

Mengingat banyak pengguna yang masih menggunakan Android gingerbread ( tercatat 1/3 dari keseluruhan masih menggunakan Android Gingerbread) kami rasa Blackberry perlu untuk mengembangkan BBM versi Lite untuk perangkat Android dengan spesifikasi minim. Tentunya fitur pada aplikasi versi BBM Lite ini harus disesuaikan, dengan hanya mengedepankan pada fitur - fitur unggulan seperti chatting realtime yang lebih cepat dan mengurangi beberpa fitur yang dirasa kurang diperlukan semacam fitur berkirim file atau fitur lainnya.

BBM versi Lite atau mini ini juga kami rasa akan mengurangi beban server dari BBM itu sendiri karena trafik data yang dialirkan tidak begitu besar daripada harus tetap menggunakan BBM versi standar namun memiliki banyak kekurangan, seperti berat atau force close.

Akankah blackberry membuat Membuat Aplikasi BBM versi Lite atau BBM versi Mini ?

***Mohon maaf Artikel ini hanya semacam surat terbuka untuk Blackberry.

Bagaimana Menurut Anda, Androider ?
loading...
disclaimer :
Blog ini hanya menampilkan link menuju google Play Store. Kami TIDAK membagikan link download aplikasi ilegal atau Cr*ck.